Pusat Studi

Universitas Islam Indonesia menjadikan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai salah satu ujung tombak dalam merealisasikan tujuan UII yaitu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat (rahmatan lil-alamin) sekaligus sebagai pengembangan universitas.

Dalam hal penelitian, UII memiliki sejumlah pusat studi dan kajian yang berfokus pada berbagai bidang ilmu pengetahuan dengan tujuan terus meningkatkan inovasi universitas. Dari beberapa pusat studi yang ada di UII, empat di antaranya berada di bawah Program Studi Teknik Kimia. Adapun keempat Pusat Studi tersebut adalah sebagai berikut:

(1) Pusat Studi Serat dan Zat Warna Alam

Ketua Pusat Studi: Ir. Asmanto Subagyo, M.Sc.

Pusat studi ini berada di bawah naungan Program Studi Teknik Kimia UII yang berfokus pada pengkajian, penelitian, dan pengembangan potensi serat dan zat warna alam sebagai salah satu bahan baku utama industri tekstil di Indonesia. Didirikan sejak tahun 2005, Pusat Studi Serat dan Zat Warna Alam berupaya memberikan sumbangsih dalam hal pemanfaatan serat dan warna alam guna mendorong kemandirian industri tekstil nasional. Upaya yang dikembangkan pusat studi ini selalu bermuara pada inovasi dan invensi atas pemanfaatan serat dan warna alam yang menjadi kekayaan hayati Indonesia.

(2) Pusat Studi Desain Fashion dan Batik

Ketua Pusat Studi: Dra. Kamariah, MS.

Batik merupakan warisan budaya nenek moyang yang harus dilestarikan dan dikembangkan. Dalam rangka pengembangan budaya batik, maka Program Studi Teknik Kimia UII mendirikan Pusat Studi Desain Fashion dan Batik. Aktivitas utama yang dilakukan adalah mendesain motif dan proses pewarnaan batik agar batik yang dihasilkan lebih bervariasi dan menarik bagi pengguna

(3) Pusat Studi Energi Baru dan Terbarukan

Ketua Pusat Studi: Ir. Sutarno, M.Sc.

Semakin menipisnya cadangan sumber daya alam dan energi konvensional, tidak hanya menjadi isu hangat di dunia internasional namun juga di Indonesia. Pusat Studi Energi Terbarukan (PSET) diresmikan berdirinya pada tahun 2013 di bawah naungan Prodi Teknik Kimia, FTI UII sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan energi tersebut. PSET UII meyakini bahwa dalam dasawarsa mendatang potensi terbesar bidang teknologi yang akan mempunyai aplikasi luas adalah penelitian tentang energi terbarukan, seperti energi matahari, energi angin, energi hidro, energi biomasa, energi laut, energi hidrogen, energi bionabati, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadi fokus penelitian dan aktifitas PSET UII.

(4) Pusat Studi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Ketua Pusat Studi: Dr. Arif Hidayat, S.T., M.T.

Sumber daya alam dan lingkungan mempunyai peran penting dalam menjamin keberlanjutan pembangunan dan kehidupan. Pusat Studi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan di bawah naungan Program Studi Teknik Kimia UII melakukan pengkajian tentang eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam beserta aspek pengelolaan lingkungannya.

© Hak Cipta 2017 - Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UII