Tugas Akhir

Untuk dapat lulus, seorang mahasiswa Jurusan Teknik Kimia UII harus menyelesaikan 2 (dua) Tugas Akhir (TA) yaitu Tugas Pra-Rancangan Pabrik dan Tugas Penelitian. Setelah menyelesaikan TA mahasiswa harus melakukan pendadaran/seminar untuk kedua Tugas Akhir (TA) tersebut, di mana Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji akan menilai kemampuan dan kelayakan seorang mahasiswa untuk dapat dinyatakan lulus sebagai seorang Sarjana Teknik Kimia. Penjelasan mengenai masing-masing TA tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

Tugas Pra-Rancangan Pabrik merupakan sarana yang digunakan untuk menguji tingkat keberhasilan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah diterima selama kuliah. Dalam tugas akhir pra-rancangan pabrik, mahasiswa dengan daya penalaran dan improvisasi yang tinggi mampu secara komprehensif menerapkan semua teori dan kemahiran teknik kimia atau teknik tekstil kedalam bentuk Pra Rancangan Pabrik yang sederhana (preliminary design).  Proses disain merupakan dasar pembangunan pabrik secara utuh dan tanggung-jawab sarjana teknik tekstil/kimia sebelum dikembangkan menjadi plant design, yang melibatkan disiplin ilmu lain. Untuk lebih ringkasnya, alur pelaksanaan Tugas Akhir Pra Rancangan Pabrik dapat dilihat pada gambar di bawah. Untuk informasi yang lebih lengkap dapat dilihat pada Panduan Akademik yang bisa diunduh pada tautan berikut. Sedangkan untuk petunjuk/format pembuatan Laporan Pra-Rancangan Pabrik dapat diunduh pada tautan berikut.

Tugas Akhir Penelitian di Jurusan Teknik Kimia dimaksudkan untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan teori dan pengetahuan yang telah diperoleh selama masa kuliah. Dengan penelitian, diharapkan mahasiswa memlilki ketrampilan dalam melakukan analisis, sintetis, analogi, generalisasi, mengembangkan hipotesis, mengembangkan konsep, melakukan percobaan, dan mengambil keputusan. Untuk ringkasnya, alur pelaksanaan Tugas Akhir Penelitian dapat dilihat pada gambar di bawah. Untuk informasi yang lebih lengkap dapat juga dilihat pada Panduan Akademik yang bisa diunduh pada tautan berikut. Sedangkan untuk petunjuk/format pembuatan Laporan Penelitian dapat diunduh pada tautan berikut.

© Hak Cipta 2017 - Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UII